Minggu, 18 Desember 2016

BEFTO CORP (Boeing ninE Fnb TOur)

Pada semester tiga saya kuliah di Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI, saya berkesempatan merasakan mata kuliah Kewirausahaan bersama Ibu Dewi dan Ibu Endah sebagai dosen pengampunya. Saat pertemuan di kelas pertama pun, langsung dibagi lima kelompok usaha atau perusahaan kecil-kecilan hehe. Akhirnya aku pun mendapatkan delapan orang partner yang menjadi satu kelompok yaitu Deden, Rozi, Dinda, Nadya, Nova, Alvira, Nadia, dan Dian. Nah, di sinilah usaha kami dimulai.


Saat pertama kali kelompok kami berkumpul, kami mendiskusikan rencana usaha yang akan kami lakukan. Awalnya, kelompok kami berpikiran untuk menjual produk makanan dan minuman dengan konsep rumah sakit yang diantaranya adalah minuman dengan kemasan seperti infusan dan makanan yang dikemas dalam kotak P3K agar terlihat unik dan menarik. Namun, setelah ada beberapa pertimbangan akhirnya kami tidak menggunakan konsep rumah sakit dan diganti dengan konsep Airlines karena berhubungan dengan dunia pariwisata.

Kami menentukan untuk menjual produk minuman semacam milkshake dengan beberapa varian rasa dan produk makanan berupa egg roll dengan dua varian rasa yaitu keju nori dan keju sosis. Setelah produk ditentukan kami melakukan survey harga masing-masing bahan untuk perencanaan biaya dan modal. Karena kami menggunakan konsep Airlines, maka produk minuman kami beri nama CITIDRINK dan produk makanan kami beri nama EGGRORI AIR dan EGGOSIS AIR.





Berhubung tema dan konsep sudah ada, produk yang akan dijual pun sudah terpilih maka kami pun mendiskusikan nama dan logo yang cocok untuk usaha kami. Ternyata nama yang terpilih adalah BEFTO dengan kepanjangannya adalah Boeing ninE Fnb TOur. 


Sekarang saya akan menampilkan jobdesc masing-masing anggota BEFTO

            Manajer Umum        :  Deden Khairul Rizal Fadli
·         Divisi Keuangan        :  Dinda Aprillia Tiara Putri
·         Divisi Produksi          :  Alvira Maharani Viova
                                          Nova Andriani
·         Divisi Pemasaran      :  Fakhrul Rozi
                                           Nadya Aprilia Putri Utami
·         Divisi Penjualan         :  Nadia Utami Pujiono
                                           Varhan Verdiansyah
                                           Dian Dwi Jayanti

Setelah mempunyai jobdesc masing-masing, maka kami mulai melakukan penjualan dengan sistem Pre-order sampai berdagang di event-event seperti event di STT Tekstil, Car Free Day, acara futsal, Taste Of Java, sampai menjual ke acara ibu-ibu arisan hehe. Produk kami pun selain telah terjual di Bandung, berhasil terjual juga sampai ke Jakarta, Bogor, dan Tanggerang.






Akhirnya setelah kurang lebih selama tiga bulan berjualan, kami berhasil balik modal dan mendapatkan keuntungan. Hasil keuntungan kami pun dipakai untuk makan bersama dan foto studio, lalu sisanya dibagikan ke masing-masing anggota. Kami pun sadar betapa sulitnya usaha dan kerja keras untuk mendapatkan uang dan konsumen berkat pengalaman kegiatan kewirausahaan. Selain itu, kami pun jadi lebih mengenal karakter satu sama lain dari masing-masing anggota BEFTO dan meningkatkan kekompakkan serta kedisiplinan atas peraturan yang telah disetujui bersama. Alhamdulillah atas pencapaian kami selama ini, dan insya allah semoga BEFTO bisa berlanjut terus walaupun sudah tidak terikat dengan mata kuliah kewirausahaan. Terakhir nih guys, jangan lupa yaa follow akun instagram BEFTO @beftocorp9 untuk update kegiatan-kegiatan BEFTO selanjutnya hehe.       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar